Senin, 26 Oktober 2009

INDONESIA POPULASI TERBANYAK MASYARAKAT MUSLIM

Indonesia merupakan Negara yang berasaskan kepada pancasila dan UUD 1945 ternyata didomisili mayoritas masyarakat muslim. Kabar ini disampaikan oleh Pew Forum on Relegion and Public Life setelah mengadakan penelitian, menyurvei dan mengompilasi data selama tiga tahun dari 232 negara kepada Jawa Pos kemaren (09/10/09).
Hal ni tentunya merupakan kabar gembira kepada kita sebagai muslim yang berdomisili di negeri Indonesia ini. Namun, dengan negeri yang didomisili mayoritas muslim ini apakah hanya akan dijadikan kebanggaan saja tanpa membuktikan kepada dunia bahwa, Indonesia memang betul-betul didomisili mayoritas muslim.
Tapi apa mau dikata, walaupun mempunyai penduduk mayoritias muslim bangsa kita Indonesia masih tetap saja tidak bisa menciptakan Negara yang aman, tentram dan sejahtera bahkan bukan malah tambah baik melainkan tambah buruk saja, berbagai kasus seperti pemerkosaan, perampokan, penebangan hutan secara liar, korupsi, banyaknya bom yang meletus akibat ulah oknum tak bertanggung jawab kita sebut saja teroris dan masih banyak lagi berbagai kasus tindak kriminal yang terjadi di negeri kita Indonesia seperti halnya air mengalir tanpa henti. Berbagai kasus dan tindak kriminal terjadi di mana-mana.
Maka dari itu, jangan heran kalau Allah swt. Menurunkan banyak musibah khususnya bencana alam yang terjadi di tanah air belakangan ini. Seperti Gempa yang melanda Sumatera Barat tepatnya di Kota Padang Rabu (30/09/10) lalu. Gempa yang menelan ribuan nyawa itu tentunya bukan hanya disebabkan karena gesekan alamiah saja melainkan benar-benar berupa peringatan dari Allah swt. Kepada kita semua manusia yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Berbagai macam banyak musibah yang terjadi pada hakekatnya adalah ujian yang diberikan Allah kepada hambaNya. Artinya Allah memberikan ujian Iman dan Taqwa begitu juga ujian kesabaran kepada kita semua melalui musibah berupa bencana alam yang terjadi, supaya kita betul-betul menyadari betapa kekuasaan Allah itu di atas segala-galanya dan tidak ada yang bisa menyamaiNya.
Dalam konteks ke Islaman, pastinya kita tahu sebagai manusia yang menganut agama Islam tulen, musibah yang berupa gejala alam tadi merupakan cerminan jiwa yang harus kita fahami secara dalam makna dari berbagai peristiwa tersebut, karena segala sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya.
Berbagai ha ihwal yang terjadi di dunia ini sebenarnya datangnya dari Allah dan akan kembali kepadaNya pula. Dalam bahasa lain peristiwa yang menimpa kota Padang berupa Gempa itu Pertama, adalah sebagai azab bagi mereka yang tidak melaksanakan kewajiban mereka sebagai Muslim salah satunya dengan meninggalkan perintah Allah dan RasulNya. Kedua, sebagai peringatan bagi mereka baik pemerintah maupun masyarakat biasa supaya menyadari hakekat dari penciptaan manusia yaitu untuk beribadah secara totalitas ibadah kepadaNya. Ketiga, sebagai pembuktian kepada makhluk ciptaanNya bahwa setiap sesuatu yang kita kerjakan ada imbalannya sebesar ataupun sekecil apapun amal yang kita perbuat. Hal ini diterangkan oleh Allah swt. Dalam firmannya yang artinya “Dan jika kami hendak menghancurkan suatu negeri, maka kami perintah orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah), tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan kami), kemudian kami hancurkan sehancur-hancurnya”(QS. Al-Isra’ [17]: 16).
Berdasarkan firman Allah tadi ada sedikit benang merah yang bisa kita ambil yaitu perintah Allah untuk mentaatiNya tidak dilaksanakan secara benar sehingga Allah memberinya peringatan kepadanya.
Dengan demikian, Indonesia yang didomisili mayoritas muslim tidak menjamin bangsa Indonesia bisa aman, tentram dan sejahtera. Oleh sebab itu, untuk membentuk dan menciptakan Negara atau bangsa yang aman, tentram dan sejahtera tadi perlu adanya perbaikan baik hubungan sosial maupun hubungan dengan tuhan salah satunya dengan mentaatiNya. Kedua, dari kalangan pemerintah harus berlaku adil terhadap bawahannya dan tidak melakukan tindakan kriminal yang merugikan, jika kalangan pemerintah sudah baik maka insya Allah masyarakat akan ikut baik juga. Apabila hal ini terealisasi dengan baik maka Negara atau bangsa yang kita idam-idamkan yaitu aman, tentram dan sejahtera akan bisa kita raih.Wallahu A’lam Bisshowab.

Dimuat di Radar Madura (jawa pos group)14 Oktober 2009

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda